Panduan pengguna Masterkey/Domain/DNS

5 Jun 2012

Panduan pengguna Masterkey/Domain/DNS

Kembali ke: Panduan pengguna Masterkey » Domain
Domain yang terdaftar atau register melalui kami MWN, Anda bisa melakukan perubahan NS (Name Server) melalui Masterkey. Fasilitas perubahan NS pada Masterkey tidak berlaku untuk semua domain, seperti domain .id yang harus melalui PANDI untuk melakukan perubahan NS.

Daftar isi

Mengganti Name Server (NS)

Untuk mengubah NS (Name Server), silakan login ke Masterkey lalu pilih Domain. Klik Rincian pada domain yang Anda inginkan. Anda akan melihat daftar nameserver yang sedang digunakan. Silakan ganti sesuai dengan yang diinginkan.
Untuk mengganti NS sekarang bisa dilakukan melalui masterkey, caranya:
Login ke masterkey > ke menu Client Area > menu Domain > klik tombol "Panah Hijau Kecil" untuk domain yang diinginkam, selanjutnya ubah NS dan "Simpan Perubahan" jika sudah.
 Client area-domain.png
Klik tombol "Panah Hijau Kecil" untuk domain yang diinginkan.
 Dns2.png
Ubah DNS ke NS tujuan Anda, lalu Simpan Perubahan.
 Masterkey-manage-ns.png
Perbedaan menggunakan DNS default MWN dan DNS sendiri, pada dasarnya tidak ada perbedaan. Perubahan DNS terkadang diperlukan untuk lakukan pengarahan ke server hosting lain menggunakan DNS lain/sendiri.
DNS hosting gratis juga banyak yang dapat digunakan dan Anda bisa ubah ke DNS layanan hosting gratis (free web hosting).

Catatan:
  • Jika Anda menyewa/menggunakan fasilitas hosting dari kami, maka Anda sebaiknya mengarahkan DNS ke DNS kami. Jika tidak, Anda harus menambahkan A/MX record server hosting kami di DNS server tempat Anda memanage domain Anda. Untuk mengetahui A/MX record, silakan bertanya pada staf support kami. A record ini juga perlu diupdate tiap kali Anda pindah dari satu server hosting kami ke server hosting kami yang lain (misalnya: dari server kami yang luar negeri ke dalam negeri).
  • Jika Anda menggunakan fasilitas domain parking dari kami, Anda perlu mengarahkan DNS ke kami (lihat poin sebelumnya).


Mengganti NS domain .id

Untuk mengganti NS domain .id saat ini tidak bisa dilakukan melalui Masterkey, silahkan Anda request melalui tiket support Masterkey kategori akunting/billing.


Menggunakan Private NS

Untuk menggunakan Private DNS/NS, silahkan bisa request melalui Support Masterkey

0 komentar:

Posting Komentar